Perbandingan Bumi dengan Benda Langit Lainnya

Kita semua sudah tahu bahwa alam semesta itu sangat luas. Dan saya yakin anda pun tahu, bahwa bumi kita hanya seperse-juta kali dari Matahari kita. Dan kita manusia rata - rata hanya sekitar 50-100kg, sedangkan berat bumi mencapai 59.760.000.000.000.000 kilogram!!
Sungguh manusia itu sangat kecil, so, ga pantas lah jika kita bersombong diri dengan tubuh kita yang sangat kecil ini.!!
Nah, sore ini saya mendapat beberapa buah gambar yang menurut saya sangat menarik. Membuat saya yakin betapa Maha Besarnya Sang Pencipta Alam semesta, Alloh SWT.

Check it out!!








Di atas ada beberapa nama bintang yang tidak familiar dengan kita bukan? Ayo kita lihat detailnya yang saya dapat dari wikipedia.

  1. Sirius (α CMa / α Canis Majoris / Alpha Canis Majoris) adalah bintang paling terang di langit malam, dengan magnitudo tampak −1.47. Bintang ini terletak di rasi Canis Major dan merupakan sistem bintang ganda dengan komponen primer bintang deret utama kelas A dan komponen sekunder sebuah katai putih. Lebih Lengkap!
  2. Pollux (β Gem, β Geminorum, Beta Geminorum) adalah sebuah bintang orange besar sekitar 34  tahun cahaya dari bumi pada constellation dari Gemini (the Twins). Pollux adalah bintang   terbesar di constellation ini, lebih terang dari Castor (Alpha Geminorum). Pada th 2006, Pollux di identifakasi telah memiliki sebuah extrasolar planet yang mengorbit padanya.  Lebih Lengkap!!
  3. Arcturus atau bintang Biduk (α Boo / α Boötis / Alpha Boötis) (IPA: [aɹkˈtjuɹəs]) adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dan bintang paling terang ketiga di langit malam, dengan magnitudo tampak −0.05, setelah Sirius dan Canopus. Tetapi jika sistem bintang Alpha Centauri dianggap sebagai satu obyek, maka predikat tersebut harus diberikan kepada Alpha Centauri. Sistem bintang Alpha Centauri terdiri dari dua bintang terang yang sangat berdekatan sehingga tidak dapat dipisahkan oleh mata, dan dengan demikian akan nampak lebih terang dibandingkan Arcturus. Arcturus juga merupakan bintang paling terang di belahan langit utara.  Lebih Lengkap!!
  4. Rigel (pengucapan /ˈraɪʤəl/) (β Ori / β Orionis / Beta Orionis) adalah bintang paling terang di rasi  Orion dan bintang paling terang keenam di langit malam, dengan magnitudo visual 0.18.Meskipun memiliki penamaan Bayer "beta", Rigel hampir selalu lebih terang daripada Alpha Orionis (Betelgeuse). Lebih Lengkap!!
  5. Aldebaran (α Tau, α Tauri, Alpha Tauri) adalah bintang paling terang dalam rasi Taurus dan salah satu bintang paling terang dalam langit malam. Aldebaran merupakan bintang yang paling mudah ditemukan di langit, dengan diameter 44.2 kali lebih besar dari diameter Matahari. Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab yang berarti "pengikut", karena bintang ini terlihat mengikuti Pleiades di langit. Karena lokasinya berada di kepala Taurus, bintang ini dijuluki sebagai Bull's Eye. Ga ada yang lebih lengkap dari ini.!! :D
  6. Betelgeuse (pengucapan /ˈbiːtəldʒuːz/ atau /ˈbɛtəldʒuːz/[6]) (Alpha (α) Orionis) adalah bintang   yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang  kedua di rasi bintang Orion dan bintang paling terang kesembilan pada langit malam.Lebih Lengkap!!
  7. Antares (α Scorpio / Alpha Scorpio) adalah bintang superraksasa merah di rasi bintang scorpio dalam galaksi Bima Sakti dan bintang paling terang ke-16 pada langit malam (kadang-kadang didaftarkan sebagai paling terang ke-15). Bersama dengan Aldebaran, Spica, dan Regulus, bintang  ini merupakan salah satu dari empat bintang paling terang di dekat ekliptika.   Ga ada yang lebih lengkap dari ini??!


Jika anda seorang Muslim, insyAlloh kata pertama yang akan anda ucapkan adalah Subhanalloh... Allohuakbar... Sungguh begitu banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil dari 4 onggok gambar perbandingan di atas.. Pelajaran apa kah itu, saya yakin anda sudah mampu merenungkannya sendiri...:D
Atau jika anda ingin berbagi pelajaran kepada pembaca lain, silahkan comment di box bawah..







Sumber : rense.com, wikipedia, dan sepercik inspirasi.







tag : berapa perbandingan bumi, macam - macam bintang, wikipedia, rense.com, inspirasi, planet, bimasakti, tata surya, alam semesta, pencipta alam semesta, penciptaan alam, hikmah
Perbandingan Bumi dengan Benda Langit Lainnya Perbandingan Bumi dengan Benda Langit Lainnya Reviewed by skyoko7@gmail.com on Friday, November 26, 2010 Rating: 5

6 comments:

Comment Here

Powered by Blogger.