Handphone Ramah Lingkungan Untuk Nokia

 Seorang disainer gadget dari China, Daizi Zheng, membuat sebuah disain handphone untuk nokia yang ramah lingkungan dan ramah "kantong" :D.

Handphone ini tidak lagi ditenagai oleh batery handphone konvensional (Lithium Ion), tapi HP ini memperoleh energi listrik dari cairan manis (cairan bergula) yang dimasukan kedalam HP layaknya Bensin atau BBM pada kendaraan bermotor.
HP ini menggunakan sebuah batery  yang menggunakan enzim tertentu untuk menimbulkan listrik dari karbohidrat.

Dari mana karbohidrat itu di dapat? Ya, dari cairan manis yang mengandung glukosa. Konsep ini seperti kebalikan dari konsep pencernaan manusia di rongga mulut. Dalam mulut kita, kita memiliki kelenjar yang mengeluarkan enzim Ptialin yang berfungsi untuk merubah Amilum (zat tepung = karbohidat) menjadi gula.



Bahkan  bisa menggunakan softdrink seperti gambar di atas.

Berikut ini pernyataan dari sang Disainer :

Proyek ini adalah proyek telepon genggam eco friendly untuk Nokia. Melalui penelitian saya, saya menemukan bahwa batery HP itu mahal, dan menyerap banyak sumber daya yang bermanfaat dalam pembuatannya, dan akhirnya mengotori lingkungan/
Konsep ini menggunakan bio batery untuk mengganti batery tradisional untuk mengurangi polusi lingkungan. Bio Batery adlaah sebuah energi yang akrab dengan lingkungan yang mampu membangkitkan listrik dari karbohidrat (dari gula) dan menjadikan enzim sebagai katalisnya. Dengan batery ini kita hanya membutuhkan sejumlah minuman bergula, kemudian akan berubah menjadi air dan oksigen ketika batery itu habis.



Bio Batery ini mampu bertahan tiga hingga empat jam lebih lama dalam sekali isi (charge) jika dibandingkan dengan batery konvensional (lithium) dan juga sangat ramah lingkungan.

Dengan batery ini, anda pun bisa mengisi ulang sembari anda minum teh atau soft drink. :D




 Sumber :
http://www.dezeen.com/


tag : penemuan terbaru HP, handphone canggih, Ramah lingkungan, NOKIA
Handphone Ramah Lingkungan Untuk Nokia Handphone Ramah Lingkungan Untuk Nokia Reviewed by skyoko7@gmail.com on Wednesday, December 15, 2010 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.