Komputer Tuna Netra

Saat ini komputer telah berkembang dengan sangat baik. Konsep dasar yang menjadi basis keberhasilan komputer adalah kemampuan menampilkan apa yang user masukan, atau sering kita sebut sebagi WYSWYG , What You See is What You Get. Berbagai ouput ditampilan ke layar monitor sehingga pengguna mampu berinteraksi dengan sangat baik dengan komputer.

  Komputer yang saya maksud di atas adalah komputer "biasa" yang digunakan oleh orang yang normal. Lalu, bagaimana dengan orang - orang yang memiliki keterbatasan penglihatan?
 
Baru - baru ini, telah ditemukan sebuah disain komputer khusus untuk penyandang Tuna Netra ( orang yang mengalami kebutaan). Komputer ini didisain oleh Jonathan Lucas, yang dinamakan Saifu. Saifu diambil dari nama sejenis semut dari afrika yang tidak memiliki indera penglihatan.


Komputer ini mampu menampilkan output berupa semacan relief yang bisa diraba dan dirasakan oleh penggunanya. Permukaan layar ini menggunakana sejenis bahan luar biasa yang disebut Magneclay, yang mampu membentuk berbagai relief dengan sangat baik. Mulai dari tulisan braille, relief gambar, bahkan tampilan halaman google!!
 

Magneclay ini adalah sejenis bahan yang  berbahan dasar minyak, yang bertekstur lembut dan lembek. Bahan ini akan berubah bentuk ketika dialiri listrik dengan besar tegangan tertentu,dan akan terus membentuk suatu pola selama ada aliran listrik. Ketika user memasukan sebuah perintah, misalnya menulis sebuah huruf, maka komputer secara langsung akan merubah masukan data tersebut kedalam bentuk aliran listrik dengan ukuran tertentu yang kemudian akan menggerakan permukaan Magneclay itu, dan membentuk huruf yang diinginkan oleh pengguna.
 

Saifu ini pun mampu menampilkan berbagai objek 2D  ke dalam bentuk 3D, yang memungkinkan pengguna meraba dan mengetahui bentuk objek itu. Dalam komputer ini, disediakan pula berbagai mode pilihan bagi penggunanya, sebagai buku, browser, atau untuk menampilkan gambar.
Komputer ini juga memiliki kemampuan voice recognition, yaitu kemampuan untuk mendeteksi perintah dalam bentuk gelombang suara. Pengguna dapat melakukan perintah dengan hanya mengatakan perintah tersebut melalui microphone yang tersedia.
 
Komputer ini benar - benar dapat membantu para penyandang tuna netra untuk mengetahui lebih jauh lingkungan sekitar mereka, dan berbagai hal yang tidak bisa mereka lihat secara langsung.





sumber : gatjiz.com


tag : komputer untuk orang buta, komputer tuna netra, penemuan terbaru, saifu, wyswyg
Komputer Tuna Netra Komputer  Tuna Netra Reviewed by skyoko7@gmail.com on Sunday, December 12, 2010 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.