Page Rank :: Salah Satu Indikator Kualitas Blog / Website


 

Setelah 9 bulan ini saya hamil berusaha untuk melahirkan membangkitkan blog, akhirnya blog saya ini lahir dikenal juga oleh Mbah Google :D. Bagaimana saya tahu bahwa beliau mengenal anak blog saya ini? Tentu kawan - kawan blogger sudah sangat paham mengenai hal ini. Indikatornya adalah Page Rank (PR). Berikut ini lah tampilan PR bar yang telah saya nanti - nanti. :D
Page rank bar ~ Fasilitas dari www.prchecker.info untuk mengetahui rata - rata rank halaman blog kita pada search engine google


Tepatnya 9 bulan9 hari yang lalu saya sempat "mengeluh" dengan tenggelamnya blog ini terkait dengan Page Rank (PR). Pada saat itu PR blog saya ini masih bernilai NOL. Benar - benar nol, atau bisa dikatakan dalam bahasa yang cukup kasar, Tidak Bernilai. Coba anda baca lagi postingan saya sebelumnya yang berjudul Google Pun Tak Kenal

Pada postingan itu saya menekankan tiga poin penting yang menurut saya sangat berpengaruh dalam usaha seorang blogger untuk bisa survive dan eksis di dunia perbloggan, atau dengan kata lain hal yang menentukan kualitas suatu blog atau website. Tiga poin itu adalah Kreativitas, Jam terbang, dan Ilmu.

Poin pertama, kreativitas, merupakan hal mutlak yang harus dimiliki seseorang yang ingin membuat blog atau website yang berkualitas.

Tanpa kemampuan ini sebuah blog tidak bisa dikatakan sebuah blog atau website. Kreativitas inilah yang akan menciptakan identitas dan warna tersendiri dari sebuah blog / website. Namun demikian, memang untuk menciptakan suasana yang benar - benar kreatif dalam sebuah blog tidak lah mudah. Saya sendiri juga belum sepenuhnya benar - benar kreatif. Karena beberapa alasan, yaitu
  1. Saya masih menggunakan template buatan orang lain, seperti yang saya sediakan pula dalam blog ini. Tapi saya juga melakukan beberapa perubahan konstruktif dalam source code template ini.
  2. Saya masih sering mengambil foto atau gambar dari sumber lain (website atau blog lain)
  3. Saya masih sering menulis ulang, translate, atau mereview tulisan orang lain dari berbagai website dan blog yang saya sukai.
Namun di sini, saya tetap menaati norma - norma pemuatan ulang hasil karya orang lain. Saya selalu memasang sumber data dari artikel - artikel yang saya translate, copy, atau review. Yang terpenting adalah kita menemukan ide baru, gagasan baru, tema baru, atau konstruksi baru sehingga membuat konten blog kita berbeda dari orang lain. Nah, di sinilah poin pentingnya. Jika anda sedang "sepi" ide, anda bisa mencari ide dari berbagai berita, artikel yang "mambrah - mambrah" ( bahasa jawa banyumas yang berarti berserakan) di Internet. Anda bisa mengunjungi situs - situs berita seperti vivanews, detik, eramuslim, kompas, okezone, times, dailymail.com, dan lain - lain. Atau situs - situs sharing seperti infogue.com, lintasberita.com, technorati, dan lainnya. Selain itu anda juga bisa menjajal website besar seperti listverse.com, yahoo.com, dll. :D


O ya, ada satu lagi website yang saya rekomendasikan pada anda untuk membantu anda menemukan sebuah ide brilian, yaitu stumbleupon.com. Website ini memberikan fasilitas menjelajah berbagai website dari seluruh dunia dengan acak. Jika anda beruntung, anda akan mendapatkan website dengan artikel yang cocok dengan anda. Sebelum anda menggunakan fasilitas browsing ini, anda harus sign up atau mendaftar pada website ini. Jangan khawatir, semua yang disediakan website ini gratis.



Nah, jadi untuk poin pertama, kreativitas, intinya adalah bagaimana anda mengembangkan ide anda dari berbagai ide yang ada disekitar anda, dan jadikan itu untuk membuat sesuatu yang baru, yang menjadikan blog atau website anda unik, dan satu - satunya di dunia!

Poin ke dua adalah Jam terbang. Untuk poin ini, seperti yang telah saya tuliskan pada posting sebelumnya, hal ini tergantung pada konektivitas internet yang anda miliki. Lalu, berselaras dengan kreativitas anda. :D

Poin ke tiga adalah Ilmu. Nah, inilah poin yang paling penting yang mengiringi kedua poin lainnya. Ada beberapa ilmu dasar yang mungkin bisa segera anda kuasai jika anda belum menguasainya.
  1. Ilmu mengelola blog (konten dan tata letak tampilan). Sebenarnya mengelola blog tidak jauh berbeda dengan menata kamar anda sendiri atau mengelola tampilan anda sendiri. Anda hanya perlu menentukan tujuan anda membuat blog atau website itu. Apakah hanya untuk tempat curhat (blog pribadi), atau webite sharing ilmu (website/blog tutorial, pendidikan), sharing software, website untuk jualan (website bisnis), website iklan, atau website organisasi. Pengelolaanya harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan website itu sendiri. Yang paling mengerti tentu anda sendiri, sebagai sang pembuat website / blog. Nah, ilmu yang menunjang antara lain, ilmu bahasa html, css, script, dan disain (corel, photoshop, dll).
  2. Ilmu Jurnalistik. Yaitu ilmu yang berkaitan dengan tulis menulis. Baik itu yang mengenai tata cara menulis yang baik dan benar, EYD, grammer (bagi yang menulis dengan bahasa inggris), dan kaidah - kaidah kepenulisan lainnya. Hal ini penting, karena tanpa tulisan yang enak di baca, tentu saja para pembaca tidak akan nyaman menikmati tulisan - tulisan anda. Dan hal ini akan berpengaruh pada reputasi blog anda. Setidak - tidaknya anda bisa menulis tulisan yang bisa dipahami anda sendiri. :D
  3. Search Engine Optimization (SEO). Nah, dengan anda menguasai ilmu ini, anda bisa menjadikan blog anda mampu menempati rank teratas pada search engine. SEO sangat penting demi kelanjutan hidup blog anda. :D. Karena memang tidak bisa dipungkiri, search engine menjadi salah satu gerbang terbesar visitor yang datang pada sebuah website. So, jangan sampai anda meremehkan hal ini. Anda bisa memperoleh berbagai artikel mengenai seo gratis dari berbagai website luar negeri maupun dalam negeri. Anda juga bisa mencoba membaca beberapa artikel SEO di blog saya ini. Silahkan..
Jika anda telah mencoba untuk menerapkan beberapa saran saya di atas dengan baik, saya yakin setidaknya anda yang belum mendapatkan page rank, akan segera mendapatkan rank. Saya tidak mengatakan bahwa page rank merupakan satu - satunya indikator blog / website berkulitas. Yang paling utama adalah kualitas konten, originalitas, dan kemanfaatan dari konten yang ada dalam website itu. Nah untuk mencapainya, kita harus terus belajar dan belajar. Dan yang terpenting adalah konsistensi, semangat kerja, dan juga do'a. :D. Semoga tujuan anda (dan saya juga  :D) membuat blog atau website bisa tercapai. :D








tag : pagerank, cara mendapat pagerank, seo, jurnalistik blog, indikator blog berkualitas, membuat blog berkualitas, stumbleupon, situs berita, pagerank.info, google, cara terindex google



Page Rank :: Salah Satu Indikator Kualitas Blog / Website Page Rank :: Salah Satu Indikator Kualitas Blog / Website Reviewed by skyoko7@gmail.com on Tuesday, February 01, 2011 Rating: 5
Powered by Blogger.