Aero E.Wind :: Pembangkit Listrik (Charger Smartphone) Tenaga Angin Portable


 
Setelah 3 minggu tidak update, akhirnya pada siang hari yang cerah ini, saya kembali "bergerak" untuk memberikan "sesuatu" pada sahabat - sahabat sekalian.

Kali ini saya akan memberikan sebuah review tentang sebuah inovasi teknologi,khususnya dalam bidang Pembangkit Energi.

Beberapa menit yang lalu, saya mengunjungi sebuah website favorit saya, yankodesign.com, dan menemukan sebuah disain alat yang sangat menarik. Menurut saya, alat ini merupakan salah satu terobosan baru yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi penggunaan energi listrik di seluruh dunia. Dampaknya adalah pengurangan emisi Gas Rumah kaca yang merusak ozon Bumi.

Alat yang diberi nama Aero E.Wind ini merupakan perangkat portable yang bekerja seperti kincir angin pembangkit listrik. Namun, yang membuat alat ini istimewa menurut saya adalah kemampuan alat ini untuk mentransfer energi listrik yang telah didapat tanpa kabel! Tepatnya menggunakan teknologi wireless yang memanfaatkan Induksi Elektromagnetik.


Alat yang didisain oleh Lance Cassidy ini terdiri dari dua perangkat, perangkat penangkap energi gerak angin dan perangkat penangkap induksi yang akan mentransfer energi listrik ke gadget yang ada. O ya, alat ini memang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan energi perangkat elektronik mobile, seperti Handphone, Iphone, atau pun perangkat elektronik lainnya yang tidak memerlukan daya yang besar. Sehingga dapat dikatakan pula, alat ini merupakan sebuah charger handphone mutakhir ramah lingkungan.


Jika dilihat dari struktur dan bentuknya, mungkin prinsip kerja alat ini tidaklah jauh berbeda dengan prinsip kerja sebuah generator listrik. Mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik didapatkan alat ini dari kincir yang terdapat di bagian depan. Kincir ini menangkap tekanan atau dorongan angin, yang kemudian menimbulkan tekanan yang berbeda pada sisi - sisi dalam kincir, sehingga timbul gaya dorong yang simultan dan akhirnya terjadi sebuah gerakan berputar.



Dari gerakan berputar itu, terjadilah proses fisis (induksi elektromagnetik) pada bagian yang tebal dan membulat, sehingga timbul energi listrik. Nah, yang belum saya pahami adalah bagaiaman cara kerja alat ini sehingga mampu melakukan transfer energi pada perangkat penerima. Jika mengacu pada teori tentang induksi, transfer energi ini memang bisa dilakukan namun jarak antara perangkat satu dengan yang lain harus berdekatan. Tapi, lagi - lagi saya belum paham... T_T. Masih perlu belajar banyak untuk bisa menganalisis dengan lebih baik..


Inti dari semuanya di post kali ini, sama dengan post - post sebelumnya, bahwa sebuah inspirasi itu sangat penting dan berharga. Dan inspirasi hanya timbul pada orang - orang yang mau mencari inspirasi dan mengumpulkan "modal" untuk membangun sebuah inspirasi yang hebat. :D


Semoga postingan kali ini mampu memicu lahirnya "bayi - bayi" inspirasi fenomenal anda, khususnya para pemuda dan mahasiswa Indonesia.. :D



source : yankodesign.com, wikipedia.com



tag :aero e wind, charger handphone, ramah lingkungan, teknologi, terbaru, penemuan, pembangkit listrik tenaga angin, mekanik. green technology, charger smartphone, smartphone tenaga angin




Aero E.Wind :: Pembangkit Listrik (Charger Smartphone) Tenaga Angin Portable Aero E.Wind :: Pembangkit Listrik (Charger Smartphone) Tenaga Angin Portable Reviewed by skyoko7@gmail.com on Monday, March 14, 2011 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.