9 Pohon Paling Aneh dan Tak Biasa di Dunia


 

Setelah beberapa jam browsing, akhirnya saya menemukan sebuah artikel yang cukup menarik. Artikel itu berjudul 10 Unusula Trees atau 10 Pohon paling tidak biasa . For english version you can klick the original post on listverse.com. 
Oke, ayo kita mulai dari pohon yang pertama 




1. Chapel Oak


Le Chene Chapelle (Chapel Oak) di Allouville-Bellefosse adalah pohon besar yang telah diukir menjadi rumah dengan dua tempat peribadatan di dalam batangnya yang sangat besar. Pohon Oak itu sendiri berumur sekitar 800 tahunan. sebelumnya sebuah sambaran petir pernah membakar inti dari pohon tetapi pohon selamat dan tetap berdiri. Ada sebuah tangga yang besar untuk naik ke bagian atas pohon tua ini. 


2. Root Bridges (Jembatan Akar) 


Jembatan akar adalah bentuk khusus dari ilmu pengetahuan hutan dipraktekkan di hutan utara India. Pohon karet dari Cherrapunji telah dimanfaatkan selama berabad-abad oleh orang-orang Khasis untuk dijadikan jembatan penyebrangan antar sungai. Untuk membuat pohon menjadi jembatan, penduduk setempat harus membuat sebuah pancang dan batang kayu di atas sungai yang ingin dijadikan jembatan. Akar akan tumbuh sampai mereka menemukan tanah dan menjadi sebuah jembatan yang cukup kuat. Setelah akar telah membentuk jembatan kayu, tanah dan batu, atau lainnya, yang diletakkan di atas jembatan untuk melindunginya dari berbagai gangguan.


3. Rainbow Eucalyptus (Ekaliptus Pelangi)


The Rainbow Eucalyptus adalah pohon dengan kulit berwarna yang cerah sehingga hampir sulit untuk percaya bahwa pohon itu memang benar - benar pohon yang tumbuh secara alami. Pohon yang berasal dari negara tetangga kita, Filipina ini, Sering kali mengganti lapisan kulit terluarnya. Kulit batang pohon ini memiliki warna yang beragam sesuai umurnya, mulai dari warna hijau, biru, sampai ungu, hingga oranye, dan akhirnya menjadi coklat sebelum akhirnya terkelupas. Karena kulit pohon ini tersusun seakan - akan berlapis lapis sehingga memberikan efek kaleidoskopik. Mereka dapat tumbuh di banyak tempat kecuali daerah beriklim dingin. Di negara asalnya, Filipina pohon malah menjadi bahan dasar dalam pembuatan kertas alih - alih sebagai pohon hias.


4.  Boojum Tree (Pohon Boojum)


Pohon Boojum dari daerah Baha, California dari tampilannya sangat menyerupai kaktus dari pada pohon biasa. Batang tipis pohon dapat tumbuh dalam bentuk berliku-liku karena inti kayu bertekstur sangat lembut dan mereka tumbuh sampai dengan tinggi 20m. Karena memang phon ini berhabitat asli di padang pasir, daun tanaman ini berukuran kecil dan menutupi batang untuk mengurangi kehilangan air. Pohon Boojum namanya berasal dari puisi absurd 'The Hunting of the Snark' oleh Lewis Caroll yang sesuai untuk pohon tampak tidak biasa.

“But if ever I meet with a Boojum, that day,
In a moment (of this I am sure), 
I shall softly and suddenly vanish away —
And the notion I cannot endure!”


Arti puisi di atas? Coba artikan sendiri :D


5. Kauri


Semua orang tahu tentang pohon redwood raksasa, yang terkenal karena ukuran mereka, tetapi pohon kauri  dari Selandia Baru juga tidak kalah besar. Pohon ini juga merupakan salah satu pohon terbesar, berdasasrkan volume kayunya, di dunia. Pohon ini bisa mencapai tinggi 50m dan lingkar batang 15 meter. karena kualitas pohon yang sangat bagus dan kuat, beberapa dekade terakhir pohon ini banyak sekali ditebang. Bahkan getah pohon ini juga menjadi komoditas utama yang digunakan untuk membuat pernis. Kepadatan kayu memungkinkan untuk bertahan hidup baik setelah dikuburkan dan bahkan kayu ini bisa bertahan selama 50.000 tahun terkubur di bawah tanah rawa!!


6. Pennantia baylisiana


Apa sih yang istimewa tentang pohon ini? Padahal pohon ini terlihat seperti pohon lainnya dan tidak memiliki hal yang sangat menarik. Keistimewaan pohon ini bukan karena bentuk atau morfologinya, tapi karena kelangkaannya di alam liar saat ini. Foto di atas adalah salah satu contoh tunggal dari pohon di Tiga Kepulauan Raja di lepas pantai utara Selandia Baru. Satu pohon ini berkelamin perempuan dan sangat sulit untuk berkembang biak. Pohon ini sering kali steril dan tidak bisa melakukan penyerbukan dengan baik. Untungnya, bagaimanapun, adalah mungkin untuk dapat merekayasa sehingga tumbuh tunas dan membididayakan mereka sehingga spesies sekarang dapat kembang biyakan.


7. Jabuticaba


Jabuticaba, Myrciaria cauliflora, adalah pohon asli Brazil yang sangat tidak biasa. Buah dari pohon tumbuh di seluruh batang dan bukan hanya di cabang-cabang sehingga terlihat seperti pohon yang memiliki bintil - bintil aneh. Buah hitam kecil hampir mirip buah anggur dan baik dimakan utuh atau diolah untuk dibuat jus . Yang membuat pohon ini semakin aneh adalah tumbuhnya bunga di bagian ujung buah itu sendiri. benar benar aneh. Pohon itu akan mekar, dan berbuah, beberapa kali dalam setahun jika kondisi lingkungannya baik.

8. Dragon Blood Tree (Pohon Darah Naga)


Kepulauan Socotra di Samudera Hindia, lepas pantai Somalia, adalah habitat asli bagi pohon Dragon Blood ini. Pohon Darah Naga tidak biasa karena beberapa alasan. Batangnya pohonnya polos tanpa cabang dan cabangnya itu hanya tumbuh di bagian atas pohon, dengan ujung daun yang runcing dan tajam. Bentuk yang aneh ini memang tidak sesuai dengan jenis pohon ini yang monokotil. Biasanya bentuk tumbuhan seperti itu masuk jenis dikotil. Satu hal lagi yang membuat pohon aneh adalah keluarnya getah berwarna merah darah jika batangnya ditusuk atau dilukai. Mungkin inilah yang membuat pohon ini disebut dragon blood tree. Getah merah, dapat dikeringkan dan kemudian digunakan sebagai obat atau pewarna. Sementara penduduk Socotra masih menggunakannya sebagai obat mujarab,bahkan ternyata getah pohon ini banyak digunakan di Barat sebagai pernis merah untuk biola.

9. Sculpted Trees


Arborsculpture adalah penggunaan pohon hidup untuk menciptakan bentuk yang diinginkan atau struktur, sesuatu seperti bonsai dalam skala besar. Axel Erlandson dianggap yang terbesar dari semua arborscultors dan Circus Pohonnya pun kini masih populer. Dengan mengarahkan pertumbuhan pohon pada saat pertumbuhannya, memungkinkan kita untuk bisa memperoleh bentuk pohon yang unik sesuai keinginan kita. Sementara pekerjaan Erlandson itu, terlihat di sini (http://www.arborsmith.com/treecircus.html), adalah yang paling sering dikutip.


Bagaimana menurut anda? Benar benar tidak biasa bukan? Di alam yang luas ini, mungkin masih banyak tumbuhan tumbuhan aneh lainnya. Tapi yang harus selalu menjadi perhatian kita adalah bahwa tumbuhan itu adalah paru - paru dunia. Tanpanya, oksigen yang sehari hari kita hirup bisa dimungkinkan tidak ada lagi. So, lets always keep our environment.. Always Goo Green!!


tag : pohon aneh, pohon tidak biasa, daftar pohon aneh, habitat tumbuhan, tumbuhan langka, seni membentuk pohon


9 Pohon Paling Aneh dan Tak Biasa di Dunia 9 Pohon Paling Aneh dan Tak Biasa di Dunia Reviewed by skyoko7@gmail.com on Monday, October 03, 2011 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.