Mobil Berbahan Bakar Kopi yang Memecahkan Rekor Sebagai Mobil Organik Tercepat di Dunia




 

Martin Bacon dan timnya Teesdale Vounteers Konservasi dari Durham, Inggris, sepertinya sedang terlalu banyak membuat kopi saat memulai proyek ini. Ini benar-benar suatu terobosan yang bisa dibilang sangat aneh. Mobil Kopi yang mereka beri nama Aptly ini mampu berfungsi dengan baik dan bahkan di awal bulan ini mampu memecahkan rekor dunia sebagai mobil berbahan bakar sampah organik tercepat di dunia

Rekor sebelumnya (awal tahun 2011) dipegang oleh sekelompok orang yang mereka sebut kelompok mereka sebagai kelompok "beaver energy", mereka memodifikasi sebuah mobil sehingga berubah menjadi mobil berbahan bakar ampas kayu. Mobil ini mampu berlari dengan kecepatan  47mph .

Mobil berbahan kopi ini akhirnya mampu mengalahkan rekor sebelumnya, setelah mampu berlari dengan kecepatan 66.5 mph, dengan hanya berbahan bakarkan bubuk kopi. Guiness World record pun dengan bangga menyematkan gelar itu pada mobil kopi ini. 



 System pembakaran yang dipakai pada mobil ini merupakan sistem yang hampir serupa dengan sistem pembuatan biomassa bertekanan tinggi. Atau disebut sebagai gasifikasi. Pembakaran campuran gas yang dihasilkan disebut syngas (atau gas sintetis). Kombinasi hidrogen, karbon monoksida, karbon dan metana dicapai sebagai biomassa didiproses dengan sejumlah gas oksigen yang terkontrol pada suhu yang sangat tinggi. 

Gasifikasi bukanlah cara baru. Sudah ada sejak awal 1800-an dan berperan penting dalam revolusi industri. Namun, perbedaan harus dibuat antara bahan bakar fosil dan biomassa gasifikasi. Yang pertama saat ini digunakan pada skala industri untuk menghasilkan listrik, dan - tidak mengejutkan - memiliki banyak kesamaan dengan energi terbarukan. Yang terakhir adalah sumber energi terbarukan dan dipandangsebagai alternatif untuk bahan bakar konvensional.

Mobil yang digunakan adalah mobil Rover SD1 dengan mesin 6 silinder. Kemudian mobil ini didisain untuk dapat dipasang alat gasifier atau gasifikasi untuk dapat menghasilkan sejumlah gas yang cukup kuat untuk menjalankan mesin sebesar itu. Gas yang digunakan dikompresi hingga 150 PSI dan diinjeksikan langsung pada mesin untuk mencapai kecepatan maksimum. 



Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar - gambar berikut dan baca penjelasannya. 

 Sistem pendingin dikonfigurasi menggunakan intercooler dengan dua kipas 12 Volt terpasang.
 


Container penampung kopi


Box pendingin





Coffee car MK 1, salah satu mobil berbahan bakar kopi
 Video dokumentasinya



Lebih banyak gambar dan penjelasannya klik sumber

Mungkin kopi bukanlah salah satu komoditi potensial yang dilirik sebagai salah satu sumber energi alternative saat ini. Namun, dengan penemuan ini, menunjukan bahwa masih banyak teknologi yang "green" dan ecofriendly yang bisa diaplikasikan dibandingkan dengan teknologi - teknologi konvensional berbahan bakar fossil. Dan yang terpenting adalah bahwa hal ini menunjukan kendaraan berbahan bakar biofuel tidak kalah cepat dengan kendaraan - kendaraan berbahan bakar bensin dan lainnya. Secara potensial, kopi bisa saja kelak menjadi salah satu pilihan untuk penggunaan biofuel di seluruh dunia yang lebih bersahabat dengan alam. :D



tag : mobil berbahan bakar kopi, mobil tercepat organik, guiness world record
Mobil Berbahan Bakar Kopi yang Memecahkan Rekor Sebagai Mobil Organik Tercepat di Dunia Mobil Berbahan Bakar Kopi yang Memecahkan Rekor Sebagai Mobil Organik Tercepat di Dunia Reviewed by skyoko7@gmail.com on Saturday, October 01, 2011 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.