Tutorial Tips & Trik Menggunakan Windows 8 (Bag 1)

Windows 8 muncul dengan beberapa perubahan yang cukup signifikan. Dari pada pendahulunya windows 7, windows 8 memiliki tampilan yang lebih sederhana tapi terkesan modern dan elegan. Tidak hanya itu, kompatibilitas windows 8 pun sangat baik, karena mampu dengan mudah mengintegrasikan komputer dengan gadget lainnya seperti tablet misalnya. Namun, kebanyakan orang yang telah menginstall windows 8, masih sering  kusulitan mengoperasikannya, karena memang konfigurasinya sangat berbeda dengan OS sebelumnya.
Nah, kali ini saya akan share tentang tips dan trik sederhana dalam menggunakan dan memaksimalkan berbagai fungsi yang ada di Windows 8. Setidaknya ini akan mempercepat pemahaman anda ketika menggunakan windows 8 ini untuk pekerjaan anda.

1. Lock Screen

Contoh tema lockscreen di Windows 8

Lock screen muncul setelah booting OS selesai. Pada mulanya, saya pun sedikit bingung, karena memang tampilannya sangat sederhana. Hanya terdiri dari background gambar, Wifi icon, jam. Tidak jelas bagaimana dan apa yang harus dilakukan. Ternyata untuk menampilkan log in box sangat mudah, anda hanya perlu mengklik background, menekan tombol di keyboard, atau menyentuh apabila itu layar sentuh. Setelah itu anda bisa memasukan user name dan password untuk masuk ke OS.

2. Basic Navigation

Tampilan Interface Windows 8

Windows 8 muncul dengan perubahan yang sangat besar pada desain user interfacenya. Jika dilihat sekilas, tampilannya sangat touch friendly, simple but elegan, dan colorful. Jika anda menggunakan tablet, interface ini akan sangat menyenangkan, tinggal geser kanan, geser kiri, lalu sentuh applikasi yang anda inginkan. Untuk pengguna PC desktop, anda bisa bergeser dengan mengarahkan kursor mouse anda ke sisi kanan atau kiri layar.
Anda bisa juga menggunakan keyboard. Klik Home dan End untuk berpindah dari tampilan depan dan tampilan terakhir layar. Gunakan kursor anda untuk memilih aplikasi, klik kanan pada app untuk pin dan unpin aplikasi di layar, drag and drop app dan letakan/pindahkan sesuai keinginan.
Satu lagi panel yang sangat penting pada windows 8 adalah panel menu yang akan muncul di sisi kanan berupa bar yang berisi beberapa icon yang memanjang vertikal. Panel itu akan muncul ketika kita menggerakan kursor mouse ke pojok bawah atau atas sisi kanan layar. Ada menu Search, Share, Start, Devices, dan Setting.

Panel navigasi Windows 8

3. Pengelompokan App

Mengelompokan App di Windows 8

Applikasi yang ada di halaman utama windows 8 dapat juga diorganisir agar lebih teratur dan mempercepat akses anda ke applikasi yang sering anda gunakan. Klik tanda MINUS di pojok kanan bawah, maka anda bisa mengatur posisi group aplikasi anda yang telah anda atur sebelumnya. Blok blok aplikasi itu bisa juga dinamai sesuai dengan temanya, klik kanan pada aplikasi, lalu pilih Edit name.


4. Quick Access Menu
Tampilannya sangat mirip dengan tampilan menu ketika kita klik kanan pada start menu di windows 7.  Kelebihannya ada tambahan menu seperti Command Promp, computer management, disk management dll. Cara mengaksesnya dengan cara klik kanan pada pojok kiri bawah atau tekan tombol Windows + X pada keyboard bersamaan. Selain itu anda juga bisa membuat aplikasi yang anda inginkan ada di halaman start. Caranya hanya dengan klik kanan pada applikasi lalu pilih pin to start.
Quick Access Menu pada Windows 8
5. Mengakses semua applikasi

Mengakses semua applikasi di Windows 8

Untuk memperlihatkan semua aplikasi yang telah terinstall di komputer atau tablet, anda bisa menekan tombol Windows+Q atau klik kanan di background di layar start lalu pilih menu di bawah All Apps, atau buka panel menu lalu pilih icon search.

6. Shut Down Computer


Shuting Down Windows 8

Untuk mematikan komputer di windows 8 sedikit berbeda dari OS sebelumnya. Pilihan Power ada di panel menu. Caranya arahkan kursor ke pojok kanan bawah atau atas, lalu pilih icon Setting, Power, maka akan muncul 3 pilihan, Sleep, Shutdown, atau Restart.
Ctrl+Alt+Del dan Alt+F4 juga masih bisa digunakan seperti di windows 7.


tag : tutorial, tips, trik, windows 8, cara pengaturan, konfigurasi



Tutorial Tips & Trik Menggunakan Windows 8 (Bag 1) Tutorial Tips & Trik Menggunakan Windows 8 (Bag 1) Reviewed by skyoko7@gmail.com on Wednesday, November 21, 2012 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.