10 Orang Paling Berjasa Di Balik Kesuksesan Photoshop

-->

Sekarang ini, hampir semua karya gambar digital, entah itu yang berkaitan dengan digital photography, desain website termasuk yokotrix blog, bahkan desain grafik dari berbagai aplikasi yang ada sekarang, kebanyakan selalu melalui sentuhan aplikasi digital processing Adobe Photoshop. Sudah selama 20 tahun lebih aplikasi ini menjadi alat editing gambar hingga sekarang, dan belum ada tanda - tanda tergeser oleh pesaing - pesaingnya.



Apakah anda pernah berfikir,sebenarnya siapa orang yang berada di balik kesuksesan software ini? Nah, kali ini saya akan menunjukan kepada anda 10 orang yang paling berjasa dalam pembuatan software yang luar biasa ini. :D

1. Thomas Knoll

Dia adalah orang yang memulai segalanya tentang photoshop saat ini. Bermula dari hobi nya untuk bermain kode image processing, dia mulai dengan membuat program untuk menampilkan gambar Greyscale. Dan akhirnya dia menemukan berbagai kode lain untuk memanipulasi gambar secara digital, sebagai asal mula dari lahirnya software legendaris Photoshop.



Sikap rendah hatinya juga sangat luar biasa. Pada saat NAPP (National Assotiation of Photoshop Professional) akan melantiknya menjadi presiden, dia mengatakan, "kenapa anda harus melantik saya? Saya tidak melakukan hal yang spesial untuk photoshop. Kan memprogram photoshop itu cuma untuk bersenang-senang saja". Dan sikap inilah yang menjadi inspirasi bagi seluruh team photoshop untuk bekerja tanpa pamrih dan mengedepankan kerjasama team sehingga mampu menciptakan software yang luar biasa seperti sekarang ini.
Sampai sekarang Thomas masih aktif sebagai anggota team pengembang photoshop. Sesuatu yang jarang terjadi bagi seorang pendiri / founder. Luar biasa bukan?

2. Jhon Knoll

Walaupun namanya jarang muncul di bagian kredit Photoshop, tapi ternyata Jhon juga termasik pendiri utama dari Photoshop. Dialah orang yang membujuk Thomas untuk mengkomersialkan software kode buatannya.

Pada saat itu, Jhon terkejut ketika menyadari bahwa kode software yang dikembangkan Thomas sama dengan software image processing yang saat itu telah ada dimana biaya penggunakanya mencapai $300/jam untuk fungsi dasar. Sejak saat itu,ia menyadari betapa besarnya potensi industri software untuk editing gambar. Pada saat Jhon masih bekerja di Industrial Light&Magic, dia juga mengembangkan algoritma pemrograman untuk filtering gambar, yang saat ini berkembang menjadi efek Lens Flare di photoshop.

3. Russell Preston Brown


Tidak ada produk besar yang sukses tanpa orang yang begitu bergairah di produk tersebut. Untuk photoshop, orang semacam itu adalah Russell Brown. Dia juga merupakan salah satu dari pendiri awal Photoshop. Dia menjadi orang yang paling setia dengan photoshop, dan begitu bersemangat melebarkan saya photoshop di berbagai acara besar sejak awal berdirinya. Dia juga merupakan salah satu orang pertama yang begitu ahli di photoshop. Saat ini dia juga masih aktif, dan bahkan memberikan tutorial di website pribadinya.

4. Seetharaman Narayanan


Sebenarnya dia bisa saja pensiun dengan pencapaiannya sekarang dan beristirahat. Tapi dia saat ini masih terus mendedikasikan dirinya untuk bekerja di Adobe. Dia adalah orang yang berjasa untuk mengembangkan software Photoshop untuk versi Windows dan membuatnya Multi-Threadable. Sekarang dia menjabat sebagai kepala Engineer Adobe Photoshop.

5. Russell Williams

Russell Williams bergabung dengan tim Photoshop tepat setelah versi 4.0-nya, dan dia terkejut dengan seberapa kecil tim di belakang Photoshop. Tapi dia segera menyadari bahwa mereka adalah orang - orang yang brilian dan hebat pada pekerjaan mereka. Mereka memiliki arah yang jelas, dan itu membuat Russell percaya bahwa produk mereka akan mampu mencapai kesuksesan.


Pada hari-hari biasa Russell, dia duduk dengan orang - orang penting  lainnya seperti Seetharaman Narayanan dan melakukan hal yang paling penting dalam karirnya yaitu memutuskan apa dan bagaimana Photoshop berkembang. Saat ini Russell Williams tengah merancang pengembangan dalam bidang forensik gambar, di mana tindak kejahatan dapat lebih mudah dideteksi dengan menggunakan pengolahan gambar.

6. Jeff Chien

Jika Anda telah menggunakan Healing Brush untuk menghapus keriput dan noda foto Anda, Anda perlu berterima kasih kepada Jeff Chien. Dia adalah ilmuwan utama dalam Adobe yang membantu mencapai efek Healing Brush, yang bisa menipu mata untuk Anda dengan alam blending. Efek ini sebenarnya agak rumit ketika datang ke implementasi. Meskipun demikian, dia bahkan dulu tidak tahu apa itu RGB!


Latar belakang Jeff Chien memotivasi bagi para ilmuwan komputer muda di negara berkembang. Ia dibesarkan di suatu negara tanpa Gameboys dan peralatan hiburan rumah mewah lainnya. Tapi dia memang memiliki akses ke komputer mainframe yang semua orang berbagi untuk waktu yang sangat terbatas. Bahkan di lingkungan yang terbatas, ia menghabiskan banyak waktu untuk belajar, mengembangkan latar belakang yang kuat dalam matematika, yang pada akhirnya membantu membuat bekerja di Apple dan Adobe.

7. Maria Yap


Maria Yap dilatih sebagai seorang profesional, dan memulai karier fotografi dan belajar tentang desain sebelum kelahiran Photoshop, sehingga dia benar-benar menghargai jumlah pekerjaan padat yang diselamatkan melalui bantuan Photoshop. Setelah beberapa tahun berlatih di dunia industri yang kejam (alias freelance), Maria akhirnya bergabung dengan tim Adobe untuk mengkontribusikan keahliannya.
Dia saat ini menjadi ketua dari product managers di adobe dan mengembangkan berbagai program inovasi. Salah satunya adalah Adobe Revel. 

8. Sarah Kong


Pernah mendengan istilah ImageReady di Photoshop? ImageReady itu merupakan software dalam satu paket photoshop yang digunakan untuk membuat gambar yang telah kita edit siap untuk dipublikasikan di web. Nah, orang yang berjasa membuatnya adalah Sarah Kong. Saat ini dia menjabat sebagai Manager Engineer yang juga berjasa dalam pengembangan berabagai plugin seperti web photo gallery dan picture package. 

9. Bryan O'neil Hughes

Bryan bergabung dengan team Photoshop sejak tahun 1999. Menjadi salah satu engineer yang berjasa dalam pengembangan fungsi - fungsi dasar di Photoshop. Pada awal kariernya dia menjabat sebagai Quality Engineer, dan menjadi orang yang berjasa mengembangkan fungsi Liquify di Photoshop.



Bryan peduli dengan pengguna photoshop. Selama 20 tahun Photoshop ia melakukan survei dengan pengguna Photoshop dan anggota NAPP untuk menemukan fitur baru tertentu, atau masalah antarmuka pengguna saat ini yang mengganggu mereka. Berdasarkan data yang dikumpulkan itulah, mereka mampu meningkatkan Photoshop CS5 dan membuatnya mendominasi dunia digital imaging lagi saat ini.

10. John Nack

John Nack alias Tiny Elvis, adalah komposer sejati Photoshop. Perannya, Adobe Photoshop Senior Product Manager, memastikan bahwa ia mengawasi perkembangan banyak fitur khas seperti Adobe Bridge, Adobe Camera Raw, Vanishing Point, dan Smart Object yang kita gunakan setiap hari pada grafis dan bentuk.


Ia dilantik oleh National Association of Photoshop Profesional pada tahun 2008, yang merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang bisa Anda terima dalam industri tesebut. Meskipun demikian, kerendahan hatinya masih bersinar di atas prestasiny. Dia memiliki blog yang membuatnya bisa lebih bersentuhan langsung dengan pengguna Photoshop. Jelas kerendahan hati adalah budaya inti untuk anggota tim Photoshop.

source : http://www.hongkiat.com/blog/heroes-of-photoshop/
10 Orang Paling Berjasa Di Balik Kesuksesan Photoshop 10 Orang Paling Berjasa Di Balik Kesuksesan Photoshop Reviewed by skyoko7@gmail.com on Saturday, July 20, 2013 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.