7 Fakta Tentang Teknologi Printer 3D

Apakah Anda sudah familiar dengan printer? Saya yakin iya, apalagi kalau masih mahasiswa seperti saya ini. Printer jadi barang yang sangat akrab membantu menyelesaikan tugas-tugas. Tapi, bagaimana dengan printer 3D? Mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar, atau membaca ulasan tentangnya, atau bahkan pernah melihatnya secara langsung di pameran. Fungsi utamanya sama dengan printer konvensional yaitu menghasilkan suatu objek. Perbedaanya hanya pada dimensi objek terebut :D, Jika printer biasa hanya bisa menciptakan objek 2 dimensi dengan bahan dasar tinta,Printer 3D mampu membuat objek 3D dari bahan tertentu, misalnya plastik. Printer 3D ini kemudian akan membaca desain digital gambar 3D dari komputer,kemudian akan mulai membuat benda itu selapis demi selapis secara melintang.


Jika anda mengikuti berita - berita perkembangan teknologi printer 3D di dunia, sekarang teknologi potensial ini tengah naik daun. Ditandai dengan semakin banyaknya inovasi - inovasi kemampuan printer, aplikasinya yang makin meluas, serta bahkan karena harganya yang turun drastis belakangan ini.
Untuk merangkum itu semua, berikut ini saya sajikan fakta-fakta unik tentang printer 3D yang berkembang saat ini. CheckItOut bro!!

1. Dibuat Pertama Kali 1981

Penemu printer 3D modern adalah Charles W. Hull (http://en.wikipedia.org/wiki/Chuck_Hull) dan pertama kali produk 3D itu dipublikasikan di Jepang, yaitu oleh Hideo Kodama dari Nagoya Municipal Industrial Research Institute. Ternyata sudah lebih dari 30 tahun 3D printer ini ditemukan. Akan tetapi baru akhir - akhir ini mulai berkembang begitu cepat.

2. Aplikasi di Berbagai Bidang

Dulu, printer 3D hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja, seperti pembuatan model sederhana dari bahan plastik. Tapi sekarang, dengan banyaknya penemuan dan inovasi baru, printer 3D sudah mampu merambah dunia Kedokteran, industri mobil, industri gadget, bahkan belakangan mampu digunakan untuk membuat makanan.

Di dunia kedokteran, printer 3D digunakan untuk membuat organ tubuh palsu untuk membantu pasien. Dengan printer ini harga organ palsu itu bisa sangat ditekan. Di dunia industri mobil belakangan sudah ada perusahaan mobil yang membuat mobil dengan bantuan teknologi ini. Salah satu contohnya adalah mobil yang digunakan Bond di film Skyfall, Aston Martin DB5. Ternyata mobil ini beberapa bagiannya dibuat dengan printer 3D oleh perusahaan Voxeljet Jerman.

Yang tak kalah mengejutkan, ada orang yang berusaha membuat pizza dengan printer ini. :D Mungkin beberapa tahun mendatang akan ada makanan instan siap print :D, atau produk-produk seperti baju dan sepatu yang dibuat dengan printer ini.


3. Ketelitian Hingga Ukuran Micro dan Nano

Sekarang sudah berkembang printer 3D yang bisa membuat objek sekecil rambut manusia,yaitu Photonic Pro GT. Dengan ketelitian sebesar itu, printer ini bisa membuat objek - objek tiruan dengan kualitas yang hampir sama dengan asilnya. Aplikasinya, 3D printer digunakan untuk membuat model tumor hasil scanning CAT pada pasien.

4. Nasa Mengembangkan Printer 3D

Nasa ternyata juga mulai mengembangkan printer 3D. Baru - baru ini, Nasa bekerja sama dengan Washington State University mengembangkan printer 3D yang menggunakan bahan baku debu bulan. Luar biasa.

5. Potensi Printer 3D Rumahan

Beberapa peneliti sudah mulai mengembangkan printer 3D edisi mini untuk digunakan di rumah. Salah satunya yang ditemukan oleh Dr. Adrian Bowyer dari Universitas Bath. Printer yang dibuatnya itu memang khusus untuk membuat benda - benda dengan bahan dasar plastik dengan ukuran yang kecil. Harga printer ini termurah seharga $1500. :D



 6. Harga Printer 3D Turun Drastis

Harga printer ini beberapa tahun yang lalu mencapai  £60,000 atau sekitar Rp.800juta. Sekarang malah sudah ada yang hanya $1500. Bahkan pada tahun 2016,diprediksi harga rata - rata printer 3D akan segera menyentuh angka $1300. 


7. Nokia Menggunakan Printer 3D

Nokia menjadi salah satu pelopor industri gadget yang memanfaatkan teknologi ini. Ternyata Nokia Lumia 820 Shell dibuat dengan menggunakan teknologi ini.



Beberapa tahun mendatang, mungkin hampir semua vendor HP akan menggunakan teknologi ini untuk memproduksi gadget - gadget mereka.

7. Printer Mampu Membuat Printer

Dengan teknologi 3D printer ini memang sangat mungkin membuat printer itu sendiri. Di Universitas Bath Inggris, telah dikembangkan printer 3D khusus yang mampu membuat printer 3D lainnya. Printer yang disebut RepRap ini hanya dalam waktu 3 menit, bisa mencetak printer lainnya. Luar biasa!



Sebenarnya masih banyak lagi fakta - fakta lainnya tentang printer 3D. Terutama yang berhubungan dengan kemampuan teknisnya. Tapi, terlepas dari itu, printer 3D memang telah menjadi potensi yang luar biasa untuk masa depan. Sangat mungkin beberapa tahun mendatang, kita membeli pakaian secara online dengan model tertentu dan langsung membuatnya sendiri di rumah. Haha,luar biasa bukan!?


tag : printer 3d, teknologi, facts
7 Fakta Tentang Teknologi Printer 3D 7 Fakta Tentang Teknologi Printer 3D Reviewed by skyoko7@gmail.com on Thursday, July 18, 2013 Rating: 5

2 comments:

Comment Here

Powered by Blogger.