Farm 432, Inovasi Alat Untuk Berternak Serangga


Serangga sebenarnya sudah menjadi salah satu sumber makanan bagi sebagian manusia di berbagai belahan dunia selama berabad - abad. Akan tetapi kemajuan zaman mengalihkan manusia modern dari sumber makanan kaya protein ini. Serangga sekarang "hanya" dikonsumsi secara rutin oleh sekitar 2juta orang di dunia. Jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan keseluruhan jumlah populasi manusia.

Semakin meningkatnya jumlah populasi manusia, permasalahan ekonomi, polusi udara dan lingkungan, memicu terjadinya krisis pangan di beberapa belahan dunia. Bahkan di negara - negara yang maju, terjadi krisis kualitas pangan, dimana terlalu banyak fast food yang sudah tidak lagi sehat untuk kesehatan manusia. Selain itu, para ilmuwan memprediksikan pada tahun 2050 kita harus meningkatkan produksi makanan sebesar 50%. Dengan latar belakang permasalah itu, PBB melalui FAO tengah berusaha mempopulerkan kembali serangga sebagai sumber makanan alternatif berprotein tinggi untuk manusia. Program ini telah berjalan di beberapa negara di benua amerika dan eropa.

Nah, menanggapi program trsebut, seorang Industrial Designer berkebangsaan Austria bernama Katharina Unger, mencetuskan sebuah ide untuk membuat sebuah alat peternak serangga untuk kebutuhan sehari - hari rumah tangga.

Projek yang dia sebut Farm 432 ini merupakan projek untuk membuat sebuah alat untuk mengembang biakan serangga. Serangga Black Soldier Fly (hermetia ilucens) menjadi pilihan serangga yg dikembangbiakan dengan alat ini,dan dipanen larvanya untuk dikonsumsi.








Dalam waktu satu minggu alat ini diproyeksikan mampu memproduksi hingga 500kg larva siap masak dan santap. Jumlah yang cukup banyak untuk dimakan dalam waktu satu minggu. :))
Berikut ini video yg menampilkan cara kerja alat ini.



Keren juga untuk dicoba di Indonesia. Mungkin kalau di Indonesia, akan bisa lebih variatif serangga yang dikembangbiakan. Mengingat di Indonesia, sudah sering kita mendengar berbagai makanan khas daerah yang terbuat dari serangga atau larva serangga. :))

sumber : http://www.yankodesign.com/2013/07/30/buglicious/
http://www.kunger.at/161540/1591397/overview/farm-432-insect-breeding
Farm 432, Inovasi Alat Untuk Berternak Serangga Farm 432, Inovasi Alat Untuk Berternak Serangga Reviewed by skyoko7@gmail.com on Tuesday, September 10, 2013 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.