Venturi VBB-3, Mobil Listrik Terkuat & Tercepat di Dunia



Perusahaan otomotif dari Prancis Venturi Automobiles merupakan perusahaan yang sudah biasa memproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik dengan kecepatan luar biasa. Saat ini, mereka bekerja sama dengan Ohio State University telah berhasil memecahkan rekor dunia kendaraan tercepat pada tahun 2010 yaitu Buckeye Bullet 2.5 dengan kecepatan 495km/jam. Dan sekarang mereka sudah berhasil juga menciptakan sebuah mobil listrik baru yang mereka klaim sebagai yang terkuat dan mungkin tercepat yang pernah dibuat yaitu Venturi VBB-3.


VBB-3 ini telah dipamerkan bulan ini di lapangan udara Wendover di Utah USA.

Mobil yang disebut Venturi "Jamais Contente" ini dibuat dengan biaya hingga US$6 juta. Tujuan utama dari projek ini adalah untuk mencapai targe yang lebih tinggi 2 tahun mendatang, yaitu menembus kecepatan kendaraan di darat hingga 708 km/jam.

Jika mereka berhasil mencapai target itu, kendaraan EV yang seperti jarum ini akan memecahkan rekor resmi FIA kendaraan darat tercepat dengan tenaga motor listrik yaitu 495 km/jam yang dipecahkan oleh pendahulunya Buckeye Bullet 2.5. Sayangnya bulan ini Venturi belum sempat melakukan pengujian kecepatan kendaraan ini karena cuaca yang tidak mendukung yang membuat Salt lake sebagai tempat peluncurannya banjir. Team ini berharap akhir tahun ini, VBB-3 akan mampu menembus kecepatan 600km/jam, tapi rencana itu diundur hingga Juli 2014.


VBB-3 ini memiliki panjang body hingga 11.64 meter, dengan bahan Fiber carbon. Dengan teknologi 4WD, motor listrik mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga lebih dari 3000hp (2200kW) dengan berat hingga 50% dari total berat mobil yang mencapai 3,2 ton.
Mobil ini merupakan terobosan yang luar biasa dalam dunia teknologi kendaraan darat di dunia. Visi nya adalah untuk menciptakan teknologi kendaraan ramah lingkungan menggunakan listrik dengan tingkat efisiensi penggunaan yang maksimal. Teknologi kendaraan semacam ini, jika mampu benar-benar diterapkan untuk transporatsi umum, bisa sangat membantu mereduksi emisi gas karbon dunia yang sudah sangat memprihatinkan.

Berikut video mobil Venturi VBB-3 ini beraksi.



tag : mobil listrik tercepat, venturi, vbb-3

source : http://en.venturi.fr/
Venturi VBB-3, Mobil Listrik Terkuat & Tercepat di Dunia Venturi VBB-3, Mobil Listrik Terkuat & Tercepat di Dunia Reviewed by skyoko7@gmail.com on Sunday, September 29, 2013 Rating: 5

1 comment:

  1. tapi tep ae, nek ning Indonesia gak iso dipakai :D
    mau dipakai kena polisi tidur :))

    ReplyDelete

Comment Here

Powered by Blogger.