16 Zat Termahal di Dunia!

Mungkin anda sudah familiar dengan harga emas yang mahal. Tapi ternyata selain emas, ada beberapa senyawa atau zat lain yang harganya sangat tinggi. Beberapa zat memang berasal dari alam, sedangkan zat lainnya beberapa adalah hasil sintetis para ilmuwan. Anda mungkin akan kaget dengan ke 16 zat yang sangat mahal ini, karena kegunaannya yang memang unik dan jumlahnya yang sangat langka di dunia.

#16 Saffron - $11/gram


Saffron adalah bisa dikatakan sebagai salah satu bumbu masak paling mahal. Saffron biasanya digunakan untuk bahan campuran dalam memasak dan atau membuat kue. Lalu apa yang unik dari saffron? Saffron memiki aroma dan rasa yang sangat unik, dan untuk memaksimalkan potensi tersebut, seorang koki harus benar-benar memahami bagaimana menggunakanya untuk sebuah masakan.
Penjelasan lengkap tentang saffron bisa anda baca di Saffron.com

#15 Emas - $56/gram


Logam yang paling banyak dicari manusia sejak zaman peradaban kuno. Emas murni memiliki sifat yang lunak dan biasanya dicampur dengan logam lain seperti perak, platinum, palladium, atau tembaga untuk meningkatkan kekuatannya.
Sifat yang jarang diketahui, selain keindahannya sebagai perhiasan adalah kemampuan emas untuk bertahan dari karat, reflektor yang baik untuk radiasi infrared, dan bahkan bisa digunakan untuk pelapis pesawat ruang angkasa dan gedung pencakar langit dari terpaan panas matahari. Kaca yang dilapisi emas bahkan bisa digunakan untuk membuat teleskop yang sensitif terhadap cahaya infrared.


#14 Rhodium - $58/gram


Senyawa ini ditemukan oleh William Hyde Wollaston, seorang ahli kimia berkebangsaan inggris. Senyawa ini ditemukan dari bijih mentah platinum. Walaupun namanya berasal dari bahasa Yunani yang berarti merah, tapi senyawa ini sama sekali tidak memiliki unsur warna merah. Sifat zat ini dalam bentuk padat sangat kuat, keras, dan sering digunakan untuk meningkatkan kekerasa dan konduktifitas logam lain. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di http://www.livescience.com/36988-rhodium.html


#13 Platinum - $60/gram


Platinum memang zat yang spesial, penggunaannya di dunia industri, ornamen dan lainnya benar-benar luar biasa. Lebih dari 20% dari semua produk yang mengandung platinum atau diproduksi dengan platinum, adalah perhiasan, konverter katalis, elektronik dan bahkan obat anti kangker. Sayangnya, dibutuhkan 8 ton bijih mentah platinum untuk menghasilkan 1 ons platinum murni.
Link berikut akan menjelaskan lebih jauh tentang kegunaan platinum, dan bahkan peluang berinvestasi menggunakannya. http://www.azom.com/article.aspx?ArticleID=1238


#12 Methamphetamine - $100/gram


Rumus kimia zat ini n-methyl-1-phenyl-propan-2-amine (C10H15N) atau sering disebut dengan Meth saja. Zat ini memang mahal, tapi juga sangat berbahaya. Stimulan sintetis ini adalah zat adiktif yang sangat kuat, dengan berbagai efek negatif untuk kesehatan jika dikonsumsi manusia. Pengaruhnya bahkan akan dirasakan ketika masa kecanduan dan pasca kecanduan. Zat ini akan mengakibatkan produksi dopamine yang berlebihan di dalam otak, dan efeknya jauh lebih berbahaya dari berbagai jenis zat adiktif lainnya.


#11 Cula Badak - $110/gram


Oke, Meth memang mahal dan berbahaya, tapi setidaknya punya efek tertentu untuk tubuh jika dikonsumsi. Tapi lain halnya dengan cula badak. Bubuk cula badak sangat berharga, tapi ternyata kemampuannya sebagai obat hanya mitos belaka (setidaknya berdasarkan hasil penelitian medis yang telah dilakukan para ilmuan >> http://www.theatlantic.com/business/archive/2013/05/why-does-a-rhino-horn-cost-300-000-because-vietnam-thinks-it-cures-cancer-and-hangovers/275881/)


#10 Heroin - $130/gram


Heroin diproses dari morphine, yang berasal dari tanaman Poppy. Heroin biasanya diproduksi dalam bentuk bubuk putih atau coklat. Zat ini merupakan obat dengan tingkat adiktif yang sangat tinggi. Nama pasar dari herion antara lain smack, H, skag, dan junk.


#9 Cocaine - $125/gram


Kokain adalah zat yang rasanya pahit, penahan rasa sakit yang adiktif, yang diproduksi dari daun Erythroxylon coca, atau sering disebut sebagai semak coca, sebuah tanaman yang berasal dari dataran tinggi Andean di Amerika selatan. Ketika Coca-cola pertama kali diproduksi, minuman ringan itu mengandung 9 miligram kokain per gelas. Tapi akhirnya pada tahun 1903 zat tersebut dihilangkan,tanpa menghilangkan rasa kokainya. Video http://www.youtube.com/watch?v=4OS2C4NemJI bisa membantu anda mengetahui lebih jauh tentang cara kerja kokain mempengaruhi otak manusia.


#8 Lysergic Acid Dethylamide (LSD) - $3000/gram


LSD adalah obat terlarang yang termahal yang pernah ada. Sangat kuat dan memicu halusinasi mood.
Efeknya pun tidak terduga, tergantung pada semua ekspektasi penggunanya terhadap pengalaman pribadi terhadap lingkungan di kehidupannya. Obat ini sempat menjadi barang yang sangat mudah didapatkan di Amerika pada tahun 70an. Video ini bisa menceritakan lebih banyak kepada anda tentang LSD.


#7 Plutonium - $4000/gram


Plutonium adalah senyawa radioaktif yang sangat terkenal karena kemampuannya untuk membangkitkan tenaga nuklir dengan reaksi fisi, baik dengan reaktor nuklir maupun bom atom. Zat ini beracun, mudah terbakar, dan radioaktif, tetapi jumlahnya sangat terbatas di alam. Video ini akan menceritakan kepada anda bagaiman sebenarnya plutonium bisa dimanfaatkan oleh manusia http://www.youtube.com/watch?v=89UNPdNtOoE


#6 Painite - $9000/gram


Painite, yang dinamai berdasarkan nama penemunya pada tahun 1950, Arthur C.D.Pain, adalah zat yang sangat langka hingga kebanyakan orang (termasuk saya) baru mengetahui setelah membaca tulisan ini. Sampai sekarang, hanya beberapa batuan painite saja yang cukup besar dan cukup jelas untuk dihargai sebagai sebuah batu mulia. Belakangan, ditemukan lokasi tambang baru painite, tapi tetap saja, jumlahnya sangat terbatas, dan tak mengubah statusnya sebagai salah satu batu terlangka di dunia. https://www.palagems.com/painite.htm


#5 Taaffeite Stone - Up To $20000/gram


Batu permata taaffeite adalah batu berwarna ungu kemerahan yang pertama ditemukan pada tahun 1945 oleh Count Edward Taafe. Dia menyadari batu ini ketika membeli sepasang batu mineral (spinel) dan kemudian menyadari ada yang unik dari batu tersebut. Taaffeite ini menunjukan pembiasan (refraksi) ganda yang unik, karena biasnya batu mineral memiliki refraksi tunggal.
Taaffeite terbentuk dari magnesium, beryllium, dan allumunium. Dan batu ini menjadi batu pertama yang diketahui memiliki kandungan beryllium dan magnesium sebagai senyawa utamanya.
Link berikut ini menjelaskan lebih lanjut tentang taaffeite dan perbedaanya dengan spinel lain. http://www.thegemtrader.com/Featured%20Stone%20-%20Taaffeite.htm


#4 Tritium - 30000/gram


Tritium adalah bentuk radioaktif dari hidrogen, terbentuk secara alami dari sinar kosmik, dan secara sintetis dibuat dengan reaksi nuklir termasuk uji senjata nuklir. Dalam penelitian, zat ini digunakan untuk reaktor fusi dan pembangkitan neutron. Tritium juga biasanya digunakan untuk membuat zat untuk mengemisikan cahaya tampak penanda radiasi dengan mencampurkannya dengan zak kimia lain. Cahaya yang terbentuk tidak memerlukan catu daya tambahan.
Produk peluruhan radioaktif dari tritium adalah beta berenergi rendah yang tidak mampu menembus lapisan terluar kulit mati manusia sekalipun. Sehingga, bahaya tritium bagi manusia hanya ketika terhirup atau tertelan.
http://www.scientificamerican.com/article/is-radioactive-hydrogen-in-drinking-water-a-cancer-threat/


#3 Berlian (Diamonds) - $55000/gram



Dalam ilmu mineralogy, diamond adalah sebuah alotrop karbon metastabil, di mana atom karbon disusun pada variasi struktur kristal face-centered cubic yang disebut kisi berlian. Berlian tidak lebih stabil dari grafit, tapi perubahan dari berlian ke grafit pada suhu normal tidak mungkin. Berlian dikenal sebagai material yang memiliki kualitas fisik superlatif, karena ikatan kovalen yang kuat diantara atom-atom penyusunnya. Berlian bahkan memiliki tingkat kekerasan tertinggi dan konduktifitas termal tertinggi dibandingkan material padat lainnya. Sifat tersebut membuat berlian banyak digunakan sebagai alat pemotong spesial di berbagai industri.
Nilai dan kelebihan dari berlian baik secara saintifik dan artistik, sebanding dengan proses penambangan dan proses pembentukannya yang sangat sulit dan luar biasa. Video berikut ini sedikit bisa menunjukan bagaimana sifat-sifat berlian sesungguhnya.


#2 Californium 252 - $27million/gram


Cakifornium 252 adalah isotop radioaktif langka yang digunakan secara komersial sebagai sumber neutron untuk Prompt Gamma Neutron Activation Analysis (PGNAA) untuk batu bara, semen dan mineral lain, dan juga untuk deteksi dan identifikasi ladakan, lahan tambang dan senjata militer yang belum meledak (ranjau). Fungsi lainnya juga contohnya sebagai radiografi neutron, sumber start-up reaktor nuklir, dan standar kalibrasi.
Link berikut menjelaskan tentang proses penemeuannya pada tahun 1950 serta produksi californium. http://www.qsa-global.com/sources/industrial-isotopes/californium-252.aspx


#1 Antimatter - $6.25 Trillion / gram


Antimatter terdiri dari antipartikel, yang memiliki massa yang sama dengan partikel materi biasa, tapi memiliki muatan yang berlawanan dan sifat partikel lain. Ketika partikel dan antipartikel bertemu, ada pengeluaran energi yang jauh lebih besar, dalam bentuk foton energi tinggi (sinar gamma), neutrino, dan pasangan partikel-antipartikel massa yang lebih rendah.



Alasan antimateri begitu mahal adalah bahwa zat ini sangat-sangat sulit untuk dibuat, dan tidak berumur panjang di dunia kita penuh partikel biasa: antimateri saat ini dibuat dalam batch yang diukur dengan sejumlah atom, dan berlangsung hanya beberapa menit. Video dari situs Science Channel ini menunjukan satu hipotetis penggunaan antimateri yaitu perjalanan ruang angkasa jarak jauh.
http://science.discovery.com/tv-shows/sci-fi-science/videos/sci-fi-science-using-antimatter.htm


sumber : https://learni.st/boards/29279/learnings/215219--16-saffron-11-gram
16 Zat Termahal di Dunia! 16 Zat Termahal di Dunia! Reviewed by skyoko7@gmail.com on Saturday, September 20, 2014 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.