Fundamental Engineering Exam Ebook : Persiapan untuk Ujian Kompre

Bagi seorang mahasiswa Teknik (Engineering) menguasai dasar-dasar ilmu keteknikan itu penting. Walaupun yang dipelajari sudah sangat spesifik, misalnya Teknik Kimia, dan pada semester-semester pertengahan tidak pernah lagi mempelajari elektronika, terkadang orang awam menganggap kita paham tentang elektronika. Kejadian seperti ini terjadi pada saya ketika saya melakukan KKN beberapa tahun yang lalu. Tapi sebenarnya bukan semata-mata itu alasannya. Dalam dunia engineering, kita dituntut untuk memberikan solusi yang efektif dan efisien. Untuk mencapai itu pengetahuan yang komprehensif perlu dimiliki. Itulah mengapa, mungkin, beberapa kampus mewajibkan adanya Ujian Komprehensif bagi setiap mahasiswanya yang akan lulus.


Ujian Komprehensif, atau yang biasanya disebut ujian kompre, berisi soal-soal mata kuliah dasar seperti Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Elektronika Dasar, dan semua mata kuliah dasar lainnya yang berkaitan dengan jurusan kita. Walaupun soal-soalnya memang terlihat sederhana, tapi, menurut pengalaman saya, ternyata ujian ini tidak bisa dianggap remeh. Ketika kita sudah mencapai semester-semester akhir, yang kita pelajari dan kerjakan biasanya adalah projek penelitian yang sudah advance. Mungkin sedikit berlebihan, tapi memang kita akan jarang sekali bersentuhan dengan mata kuliah dasar, kecuali yang berkaitan dengan penelitian kita. Itulah sebabnya, ketika berhadapan dengan soal-soal dasar, sering kadang (saya) perlu membuka kembali buku-buku mata kuliah dasar itu.

Idealnya memang mahasiswa tingkat akhir sudah memahami semua mata kuliah dasar yang pernah dilaluinya. Apalagi kalau nilainya di atas B. Tapi sudah jadi rahasia umum (atau kebiasaan?), mahasiswa belajar demi mendapatkan nilai, bukan "ilmu" nya. Sehingga yang diingat setelah selesai semester genap misalnya, adalah nilai-nilai yang didapat. Ketika ditanya tentang materi yang dipelajari untuk mencapai nilai itu, semuanya terlihat samar-samar, gelap malah (pengalaman pribadi). Saya tidak akan mengatakan itu ironis, karena sistem pendidikan kita yang membuat itu terjadi. Orientasi pada hasil, bukan pada proses. Haha, pembahasannya jadi sedikit melebar, tapi memang itu faktanya.

Kembali ke ujian kompre. Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti seleksi sebuah perusahaan pengolahan gas alam di indonesia. Yang unik dari seleksi perusahaan ini, mereka menyisipkan test yang mirip dengan ujian kompre di rangkaian seleksinya. Bentuk seleksi seperti ini, di Indonesia masih cukup jarang, karena beberapa kali saya mengikuti seleksi perusahaan, yang notabene "besar", tidak ada ujian semacam itu. Test ini disebut dengan Fundamental Engineering Test (FET) / Fundamental Engineering Exam / Engineering in Training Exam. Test ini merupakan standarisasi engineer agar mendapatkan sertifikasi Engineer profesional di USA (wikipedia). Test ini digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan seorang calon engineer tentang ilmu - ilmu dasar di dunia keteknikan.

Di bawah ini saya sertakan link download sebuah Ebook Fundamental Engineering Exam Preparation. Saya harap ini akan membantu kalian yang akan ujian kompre atau akan mengambil FET dalam waktu dekat. Setidaknya tidak perlu lagi membuka tumpukan - tumpukan buku dan belajar dari beberapa buku sekaligus. Selamat belajar! Semoga bermanfaat!




Fundamental Engineering Exam Ebook : Persiapan untuk Ujian Kompre Fundamental Engineering Exam Ebook : Persiapan untuk Ujian Kompre Reviewed by skyoko7@gmail.com on Sunday, September 14, 2014 Rating: 5

8 comments:

  1. Selamat sore, apakah saya boleh meminta soal fundamental engineering diatas? karena link tersebut sudah tidak bisa digunakan. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore Rima, link downloadnya masih aktif, mungkin bs dicoba lagi melalui link berikut >> https://goo.gl/2ZdL4t
      Terimakasih.

      Delete
  2. gan adakah buku FET dalam bahsa indonesia dan di jual di indonesia?? bisa share infonya gak

    ReplyDelete
  3. Malam mas,
    Saya buka linknya kok ga bisa ya? Bisa share lagi ga? Makasiiih

    ReplyDelete

Comment Here

Powered by Blogger.