The Haptic Baraille : ALAT BANTU BACA TUNA NETRA

 Belum lama ini telah ditemukan sebuah disain alat mirip mouse yang dapat digunakan untuk membantu para penyandang tuna netra membaca. Alat ini dinamakan "The Haptic Baraille".

Alat ini mampu menerjemahkan tulisan dalam bentuk huruf - huruf Braille. Di bagian bawah alat ini terdapat semacan sensor Optic yang mampu mendeteksi  karakter huruf. Kemudian alat ini menerjemahkannya ke dalam bentuk huruf Braille, dan menampakannya dengan cara menimbulkan titik - titik yang membentuk huruf braille di atas permukaan Hapti Braille yang lembut.

Para penyandang tuna netra dapat menggunakannya dengan sangat mudah, hanya dengan menggerakan alat ini selayaknya mouse di atas tulisan yang ingin mereka baca.

Alat yang  luar biasa ini di disain oleh Baek Kil Hyun, yang menjadi pemenang pada 2010 Red Dot Concept Design  yang diselenggarakan oleh Samsung Art and Design Institute Student.

Berikut ini gambaran cara kerja dari alat ini.Mohon maaf jika gambar ini tidak saya edit dengan keterangan dengan bahasa Indonesia.








Dengan adanya alat ini diharapkan para penyandang tuna netra pun bisa membaca berbagai buku dengan tulisan biasa selayaknya orang lain pada umumnya.
Karena alat ini merupakan penemuan terbaru, maka pemasarannya pun belum terlalu luas.




SUMBER : yankodesign.com


tag : alat bantu baca tuna netra, penemuan terbaru, haptic braille, help blind people technology, read device
The Haptic Baraille : ALAT BANTU BACA TUNA NETRA The Haptic Baraille : ALAT BANTU BACA TUNA NETRA Reviewed by skyoko7@gmail.com on Tuesday, December 07, 2010 Rating: 5

1 comment:

Comment Here

Powered by Blogger.