Pengembangan Teknologi Sel Surya Cair yang Murah dan Stabil


Para ilmuwan di University of Southern California (USC) telah mengembangkan teknologi yang cukup murah untuk  menghasilkan sel surya cair yang stabil yang dapat dicat atau dicetak ke suatu bentuk permukaan cetak. Teknologi ini merupakan teknologi solar nanocrystal yang ukuranny sekitar empat nanometer. Ukuran partikel sel surya itu memungkinkan untuk disuspensikan dalam larutan cair sehingga bisa dicetak seperti lembaran kertas.






Walaupun cairan nanocristal sel surya lebih murah dibuat dibandingkan dengan sel surya single-crystal silicon berlapis, keduanya masih tidak cukup efisien untuk mengubah energy surya menjadi energi listrik. Hal ini disebabkan karena susunan nanocrystal ini menyebabkan penurunan konduktifitas listrik dari bahan tersebut. 


 
Richard L. Brutchey, asisten profesor kimia di USC
USC Dornsife College of Letters, Arts and Sciences dan David H. Webber peneliti postdoctoral USC , menemukan sebuah ligan sintetik yang tidak hanya membantu menstabilkan nanocrystals, tetapi juga membangun jembatan atau interkoneksi antara partikel untuk menghantarkan listrik. Hal ini memungkinkan mereka untuk membentuk cairan yang stabil serta mampu mengkonduksikan energi listrik. 


Pembentukan lapisan sel surya dari cairan tersebut dapat dilakukan pada proses dengan suhu rendah. Para peneliti kemudian juga mengatakan bahwa hal tersebut menjadi alasan bahwa cairan nanocrystal itu dapat di cetak menjadi solar cell plastik (bukan gelas) tanpa menghiraukan kemungkinan bahan tersebut meleleh. Hal ini memungkinkan untuk membuat panel surya yang lebih murah, stabil, serta juga fleksibel untuk digunakan di mana saja.

Pada percobaan awal, peneliti masih menggunakan cadmium selenide yang tidak dapat diperjual belikan karena alasan kemanan.Namun, hal ini telah memantik pintu untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk menciptakan teknologi sel surya yang sedemikian murah, stabil, dan efisien dengan material yang lain. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan sumber energi alternatif, pengembangan teknologi sel surya akan menjadi trend yang akan terus berkembang di masa yang akan datang.

Hasil penelitian mereka akan dipublikasikan di Jurnal Internasional Bahan kimia inorganik , Dalton Transactions.


tag : sel surya, panel surya, efisiensi sel surya, teknologi sel surya

source : http://www.gizmag.com/printable-liquid-solar-cells/


Pengembangan Teknologi Sel Surya Cair yang Murah dan Stabil Pengembangan Teknologi Sel Surya Cair yang Murah dan Stabil Reviewed by skyoko7@gmail.com on Thursday, April 26, 2012 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.