Ilmuwan Berhasil Membuat Software Pendeteksi Gangguan Bayi Dengan Perantara Suara Tangisan

-->

Pernah mendengar software yang bisa menerjemahkan tangisan bayi yang dibuat oleh Homer Simpson bersaudara? Kalau belum, silahkan Googling. :D Mereka berhasil membuat software yang aneh tersebut. Tapi walaupun Translator Bayi yang telah dibuat Homer Simpson bersaudara masih menjadi salah satu sensasi pengembangan inovasi teknologi yang aneh, Ilmuan dari Rhode Islan ternyata malah telah mengembangkan suatu teknologi semacam itu yang membuat konsep tersebut lebih berdaya guna. Para peneliti dari Brown University bekerja sama dengan fakultas di Rumah Sakit Women & Infants, membuat sebuah perangkat lunak di komputer yang bisa digunakan untuk mendeteksi aktifitas masalah neurologis atau perkembangan pada bayi dengan menganalisis tangisan mereka.

Tangisan bayi ternyata bisa jadi indikator gangguan neurologis dan pertumbuhan bayi
Variasi tangisan bayi ternyata dapat digunakan
sebagai indikator gangguan neurologis dan pertumbuhan bayi. (Shutterstock)


Kinerja software ini diawali dengan proses perekaman tangisan bayi dengan resolusi frame selama 12,5 ms, kemudian setiap frame tersebut dianalisis berdasarkan parameter tertentu seperti frekuensi dan volumenya. Setiap frame yang dianalsisi,kemudian dikombinasikan hasilnya untuk memperoleh analisis keseluruhan dari sebuah tangisan bayi.

Pada proses analisis, software ini juga membedakan antara ucapan bayi dan jedanya. Panjang dari keduanya  dicatat, seperti perubahan pitch dan variabel lainnya yang terjadi sepanjang durasi pengucapan. Secara keseluruhan ada 80 parameter yang diukur untuk setiap tangisan bayi yang dianalisis.

Analisi tangisan bayi merupakan suatu bidang yang telah diteliti selama berpuluh-puluh tahun. Dengan harapan dengan menggunakan teknologi ini, para dokter dan tenaga medis mampu mendeteksi faktor - faktor tertentu yang sebelumnya belum diperhatikan. Dari sini, tantangannya akan berada pada bagaimana menentukan variasi apa saja kah yang mampu dijadikan indikasi ketidak normalan seorang bayi. Dan ini mendorong lahirnya bidang penelitian lainnya.

"Deteksi awal dari perkembangan yang tidak normal itu sangat diperlukan" kata Barry Lester, direktor dari Brown's Center. "Penelitian ini dapat mengantarkan kita pada wawasan yang lebih mengenai sebab - sebab dari berbagai kelainan dan membantu untuk menentukan tindakan yang sesuai untuk mencegah atau mengurangi tingkat keparahan dari gangguan pada anak"


sumber : http://www.gizmag.com/baby-cry-analyzer/28286/
Ilmuwan Berhasil Membuat Software Pendeteksi Gangguan Bayi Dengan Perantara Suara Tangisan Ilmuwan Berhasil Membuat Software Pendeteksi Gangguan Bayi Dengan Perantara Suara Tangisan Reviewed by skyoko7@gmail.com on Saturday, July 13, 2013 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.