Cara Hosting File Gratis Di Google Drive

Cara Hosting File CSS, Javascript di Google Drive untuk Blogger/Blogspot

Salah satu kendala ketika kita menggunakan layanan blog gratis seperti blogspot adalah keterbatasan untuk melakukan penyimpanan file - file penting, seperti file-file javascript atau file css. Terkadang kita terpaksa harus mengurai code js dan css langsung ke dalam template xml kita. Tentu saja cara ini akan semakin memperlambat waktu loading blog kita.


Nah, untuk mengatasi masalah itu, ada satu cara alternatif dengan biaya gratis untuk hosting file kita, yaitu menggunakan Google Drive. Mungkin akan ada pertanyaan,kenapa menggunakan Google Drive, kenapa tidak menggunakan yang lain?


Alasannya :

  • Kuota penyimpanan yang besar!! Google Drive memberikan kita space disk hingga 5GB, dan itu gratis! Jika ingin menambahkan kuota nya, anda cukup mengubah status keanggotaan anda dari Basic menjadi Premium. 
  • Buat & berkolaborasi. Google Drive menyediakan fleksibilitas untuk membuat dan host berbagai jenis spreadsheet dan presentasi. Membuat beberapa suntingan dalam dokumen dan melihat perubahan secara real-time.
  • Bandwith tak terbatas!. Anda bisa dengan leluasa mengupload dan menyunting dokumen anda di Google drive tanpa harus kawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 
  • Kebebasan Akses. Google Drive merupakan salah satu penyedia Cloude Storage yang menyediakan aplikasi untuk melakukan sinkronisasi dengan komputer lokal. Sehingga anda dengan nyaman dan bebas bisa membuat backup folder file anda di komputer anda sendiri dan langsung tersinkronisasi dengan file di cloud storage ketika anda terhubung dengan internet. 
  • Keleluasaan Berbagi.  Anda bisa membuat semua file anda private, berbagi dengan beberapa teman anda,  atau bahkan membaginya agar bisa diakses semua orang. 
  • Tingkat kemanan yang baik. Google Drive memberikan layanan enkripsi HTTPS yang menjadi file anda tetap aman.

Sebelum anda bisa menggunakan layanan ini, tentu saja anda harus terlebih dahulu memiliki akun Google, ikuti langkah berikut ini :
1. Buka http://drive.google.com
2. Pilih daftar jika anda belum memiliki akun Google. Jika sudah memiliki akun google, login di kotak tersedia dengan username google anda.
3. Setelah login, anda akan masuk ke laman dashbord google drive. Lihat gambar berikut.

Klik Untuk Memperbesar
4. Jika anda ingin mensinkronkan file google drive anda dengan file di komputer anda,  pilih Unduh Drive Untuk PC atau Download Drive For PC.

Setelah anda selesai dengan langkah di atas, anda sudah bisa mengupload, menyimpan, dan berbagi file anda di Google drive, atau dalam bahasa lain anda sudah memiliki hosting gratis sendiri di Google drive. Lalu bagaimana cara melakukan hosting file untuk membuat file anda bisa diakses secara langsung oleh website atau blog anda?

Ikuti langkah - langkah berikut ini :
1. Tentukan file mana yang ingin anda upload. Misalkan jika anda ingin host file CSS template blogger anda, caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka dashboard blogger anda, pilih menu Template >> Edit HTML. Lalu cari kode <![CDATA[ dengan CTRL+F. Kemudian kopi code CSS yang ada setelahnya hingga tag ]]> ;


  • Buka aplikasi Notepad, lalu Copy-Paste kode CSS tadi. Kemudian simpan file tersebut dengan ekstensi .css.di folder yang sudah anda siapkan di komputer. 
  • File css anda sudah siap di upload. 
2. Jika anda sudah login di akun Google Drive, anda bisa segera mengupload file anda. Caranya klik tombol Create / Buat di sisi kanan Dashboard. Akan ada pilihan Folder dan file dokumen lainnya. Buat lah folder khusus dengan klik Folder lalu tulislah nama folder tersebut. Perhatikan gambar di bawah. 


3. Klik dua kali pada folder yang sudah anda buat. Lalu klik tombol tanda panah ke atas di sebelah tombol Create / Buat. Ada pilihan File dan Folder. Jika anda hanya ingin mengupload sebuah file atau beberapa file klik File, jika anda ingin mengupload sebuah folder yang berisi banyak file sekaligus klik Folder. 
Kemudian akan muncul File Open Dialog seperti di bawah. Misal klik file css yang ingin anda upload. 




4. Setelah berhasil anda upload, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. 


Klik share atau bagikan di sebelah kanan file, lalu ubah privasi file anda menjadi publik dengan menekan tombol change / ubah, lalu ubah menjadi Public. Kemudian klik save. 



Sekarang saatnya membuat file anda bisa diakses secara langsung oleh siapa saja sebagaimana file - file yang di host di provider berbayar. :D Langkah ini adalah untuk mengGenerate link langsung / direct link ke file anda. 

5. Buka dashboard Google Drive anda, lalu pilihlah file yang baru saja anda upload dan ingin anda generate Direct Linknya. Klik Kanan pada file tersebut, lalu pilih Share / bagikan. 




Link file share dokumen milik anda yang baru saja anda copy akan memiliki format :
https://docs.google.com/file/d/kode-file-anda/edit?usp=sharing. 
Nah, untuk membuat Direct link pada file anda, ubah format link tersebut menjadi :
https://googledrive.com/host/kode-file-anda/

Contohnya adalah sebagai berikut :


Perthatikan kode-file-anda agar tidak berbeda dari sebelum dan sesudah anda ubah. Sekarang file anda sudah bisa diakses secara langsung. Untuk mengetest nya silahkan coba masukan alamat file anda ke browser anda, maka pasti file anda akan langsung muncul di sana.

6. Langkah terakhir adalah contoh pemasangan file CSS yang sudah anda host di template blogger anda.

  • Masuklah ke dashboard blog anda. 
  • Pilih template >> Edit HTML. Lalu cari kode file CSS anda. Delete semua file CSS yang tadi sudah anda buat file CSS nya. 
  • Kemudian masukan kode berikut ini di antara tag <![CDATA[ hingga tag ]]>


  • Kemudian klik Save Template. 
Nah, sekarang file CSS anda sudah bisa digunakan. 
Langkah tersebut di atas, bisa diterapkan untuk mengupload semua jenis file yang lain, untuk digunakan pada berbagai keperluan. 

Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan saja melalui komentar di bawah ini. :)) Terimakasih. 


tag : cara hosting di google drive, membuat hosting gratis, cara host file css javascript di google drive, blogspot template. 

sumber : http://www.mybloggerlab.com/2013/04/how-to-host-css-or-javascript-files-in-blogger-using-google-drive.html


Cara Hosting File Gratis Di Google Drive Cara Hosting File Gratis Di Google Drive Reviewed by skyoko7@gmail.com on Wednesday, September 11, 2013 Rating: 5

No comments:

Comment Here

Powered by Blogger.